Selasa, 16 Oktober 2012

BAB IV.Tujuan Dan Fungsi Koperasi


Badan Usaha
¢  Koperasi adalah badan usaha atau perusahaan yang tetap tunduk pada kaidah & aturan prinsip ekonomi yang berlaku (UU No. 25, 1992)
¢  Mampu untuk menghasilkan keuntungan dan mengembangkan organisasi & usahanya
¢  Ciri utama koperasi adalah pada sifat keanggotaan; sebagai pemilik sekaligus pengguna jasa
¢  Pengelolaan koperasi sebagai badan usaha dan unit ekonomi rakyat memerlukan sistem manajemen usaha (keuangan, tehnik, organisasi & informasi) dan sistem keanggotaan (membership system)
Tujuan & Nilai
Perusahaan Bisnis
¢  Theory of the firm; perusahaan perlu  menetapkan tujuan
l  Mendefinisikan organisasi
l  Mengkoordinasi keputusan
l  Menyediakan norma
l  Sasaran yang lebih nyata
¢  Tujuan perusahaan :
l  Maximize profit, maximize the value of the firm, minimize cost
Koperasi
¢  Berorientasi pada profit oriented & benefit oriented
¢  Landasan operasional didasarkan pada pelayanan (service at a cost)
¢  Memajukan kesejahteraan anggota merupakan prioritas utama (UU No. 25, 1992)
¢  Kesulitan utama pada pengukuran nilai benefit dan nilai perusahaan
Kontribusi Teori Bisnis pada Success Koperasi
¢  Maximization of sales (William Banmoldb); usaha untuk memaksimumkan penjualan setelah keuntungan yang diperoleh telah memuaskan para pemegang saham (stake holders)
¢  Maximization of management utility (Oliver Williamson); penerapan pemisahan pemilik dan manajemen (separation of management from ownership) dan maksimalisasi penggunaan manajemen
¢  Satisfying Behaviour (Herbert Simon); diperlukan adanya perjuangan dan usaha keras dari pihak manajemen untuk memuaskan beberapa tujuan yang telah ditentukan, seperti sales, growth, market share, dll.
Kontribusi Teori Laba pada Success Koperasi
¢  Konsep laba dalam koperasi adalah SHU; semakin tinggi partisipasi anggota, maka semakin tinggi manfaat yang diterima.
¢  Innovation theory of profit; perolehan laba yang maksimal karena adanya keberhasilan organisasi dalam melakukan inovasi terhadap produknya.
¢  Managerial Efficiency Theory of profit; organisasi  yang dikelola dengan efisien akan meraih laba di atas rata-rata laba normal.
Kegiatan Usaha
¢  Key success factors kegiatan usaha koperasi :
l  Status dan motif anggota koperasi
l  Bidang usaha (bisnis)
l  Permodalan Koperasi
l  Manajemen Koperasi
l  Organisasi Koperasi
l  Sistem Pembagian Keuntungan (Sisa Hasil Usaha)
Status & Motif Anggota
¢  Anggota sebagai pemilik (owners) dan sekaligus pengguna (users/customers)
¢  Owners : menanamkan modal investasi
¢  Customers : memanfaatkan pelayanan usaha koperasi dengan maksimal
¢  Kriteria minimal anggota koperasi
l  Tidak berada di bawah garis kemiskinan & memiliki potensi ekonomi
l  Memiliki pola income reguler yang pasti
¢  Konsepsi Keanggotaan Koperasi
Bisnis Koperasi
¢  Usaha yang berkaitan langsung dengan kepentingan anggota untuk meningkatkan kesejahteraan anggota.
¢  Dapat memberikan pelayanan untuk masyarakat (bila terdapat kelebihan kapasitas; dalam rangka optimalisasi economies of scale).
¢  Usaha dan peran utama dalam bidang sendi kehidupan ekonomi rakyat.
Model Konsep Skematis Modal Koperasi
 Alternatif Pemenuhan Modal
¢  Prinsip alokasi flow permodalan :
l  Dana jangka pendek digunakan untuk pembiayaan modal kerja
l  Dana jangka panjang digunakan untuk modal investasi
¢  Melakukan pendekatan model badan usaha non koperasi (swasta / persero), dengan berdasarkan atas saham kepemilikan.
¢  Akses permodalan pinjaman dan bantuan program dari luar negeri.

Sumber:  ahin@staffsite.gunadarma.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar