Pemasaran (Inggris:Marketing)
adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.
Pemasaran
dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian bertumbuh menjadi
keinginan manusia. Contohnya, seorang manusia membutuhkan air dalam memenuhi
kebutuhan dahaganya. Jika ada segelas air maka kebutuhan dahaganya akan
terpenuhi. Namun manusia tidak hanya ingin memenuhi kebutuhannya namun juga
ingin memenuhi keinginannya yaitu misalnya segelas air merek Aqua yang bersih dan mudah dibawa. Maka manusia ini memilih Aqua botol yang sesuai dengan kebutuhan dalam dahaga dan sesuai dengan keinginannya
yang juga mudah dibawa.
Proses
dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan manusia inilah yang menjadi konsep
pemasaran. Mulai dari pemenuhan produk (product), penetapan harga (price),
pengiriman barang (place), dan mempromosikan barang (promotion). Seseorang yang
bekerja dibidang pemasaran disebut pemasar. Pemasar ini sebaiknya memiliki pengetahuan dalam konsep dan prinsip
pemasaran agar kegiatan pemasaran dapat tercapai sesuai dengan kebutuhan dan
keinginan manusia terutama pihak konsumen yang dituju.
Pengertian
Pasar atau Definisi Pasar
Adalah tempat
bertemunya calon penjual dan calon pembeli barang dan jasa.
Di pasar antara
penjual dan pembeli akan melakukan transaksi. Transaksi adalah kesepakatan
dalam kegiatan jual-beli. Syarat terjadinya transaksi adalah ada barang
yang diperjual belikan, ada pedagang, ada pembeli, ada kesepakatan harga
barang, dan tidak ada paksaan dari pihak manapun.
Jenis-Jenis
Pasar
Jenis pasar
menurut bentuk kegiatannya.
Menurut dari
bentuk kegiatannya pasar dibagi menjadi 2 yaitu pasar nyata ataupun pasar tidak
nyata(abstrak). Maka kita lihat penjabaran berikut ini:
Pasar Nyata.
Pasar nyata
adalah pasar diman barang-barang yang akan diperjual belikan dan dapat dibeli
oleh pembeli. Contoh pasar tradisional dan pasar swalayan.
Pasar Abstrak.
Pasar abstrak
adalah pasar dimana para pedagangnya tidak menawar barang-barang yang akan
dijual dan tidak membeli secara langsung tetapi hanya dengan menggunakan surat
dagangannya saja. Contoh pasar online, pasar saham, pasar modal dan pasar
valuta asing.
Jenis pasar
menurut cara transaksinya.
Menurut cara
transaksinya, jenis pasar dibedakan menjadi pasar tradisional dan pasar modern.
Pasar
Tradisional
Pasar
tradisional adalah pasar yang bersifat tradisional dimana para penjual dan
pembeli dapat mengadakan tawar menawar secar langsung. Barang-barang yang
diperjual belikan adalah barang yang berupa barang kebutuhan pokok.
Pasar Modern
Pasar modern
adalah pasar yang bersifat modern dimana barang-barang diperjual belikan dengan
harga pas dan denganm layanan sendiri. Tempat berlangsungnya pasar ini adalah
di mal, plaza, dan tempat-tempat modern lainnya.
Jenis – Jenis
Pasar menurut jenis barangnya.
Beberapa pasar
hanya menjual satu jenis barang tertentu , misalnya pasar hewan,pasar
sayur,pasar buah,pasar ikan dan daging serta pasar loak.
Jenis – Jenis
Pasar menurut keleluasaan distribusi.
Menurut
keluasaan distribusinya barang yang dijual pasar dapat dibedakan menjadi:
Pasar Lokal
Pasar Daerah
Pasar Nasional
dan
Pasar Internasional
KONSEP
INTI PEMASARAN
Pemasaran adalah suatu proses sosial yang di dalamnya
individu dan kelompok mendapatkan apa yang merekabutuhkan dan inginkan dengan
menciptakan, menawarkan, dan secara bebas mempertukarkan produk yang bernilai
dengan pihak lain.
Pemasaran adalah suatu proses social dan manajerial dimana
individu dan kelompok mendapatkan kebutuhan dan keinginan mereka dengan
menciptakan, menawarkan danbertukar sesuatu yang bernilai satu sama lain.
Untuk
definisi manajerial, pemasaran sering digambarkan sebagai ”seni menjual
produk.”Akan tetapi, orang heran ketika mereka mendengar bahwa bagian yang
paling penting dari pemasaran adalah bukan penjualan! Penjualan itu hanya
merupakan puncak kecil gunung es pemasaran.
Peter
Drucker, seorang ahli teori manajemen terkemuka, mengatakan sebagi berikut:
Orang
dapat mengansumsikan bahwa akan selalu ada kebutuhan akan penjualan. Akan
tetapi, tujuan pemasaran bukan untuk memperluas penjualan hingga kemanamana.
Tujuan pemasaran bukan untuk mengetahui dan memahami pelanggnan sedemikian rupa
sehingga produk atau jasa itu cocok dengan pelanggan dan selanjutnya menjual
dirinya sendiri. Idealnya, pemasaran hendaknya menghasilkan seorang pelanggan
yang siap untuk membeli. Semua yang dibutuhkan selanjutnya adalah menyediakan
produk atau jasa itu.
(Manajemen)
pemasaran adalah
proses perencanaan dan pelaksanaan pemikiran, menetapan harga, promosi, serta
penyaluran gagasan, barang, dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memenuhi
sasaran-sasaran individu dan organisasi.
Pengertian Bauran Pemasaran [Marketing Mix] :
“Marketing
mix is the set of marketing tools that the firm uses to pursue its marketing
objectives in the market.”(Marketing Management,1997) yang kurang lebih
memiliki arti bauran pemasaran adalah kumpulan dari variabel-variabel pemasaran
yang dapat dikendalikan yang digunakan oleh suatu badan usaha untuk mencapai
tujuan pemasaran dalam pasar sasaran.
Menurut
Kotler (1997:92), Marketing mix is the set of marketing tools that the
firm uses to pursue its marketing objectives in the target market. yang kurang
lebih memiliki arti bahwa bauran pemasaran adalah sejumlah alat-alat pemasaran
yang digunakan perusahaan untuk menyakinkan obyek pemasaran atau target pasar
yang dituju.
Menurut Stanton (1978) Bauran pemasaran (marketing mix) adalahkombinasi dari 4 variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem
pemasaran perusahaan yaitu produk, harga, kegiafan promosi dan sistem distribusi.
Ada
banyak alat pemasaran, McCarthy mempopulerkan pembagian kiat pemasaran ke dalam
4 (empat) faktor yang disebut the four Ps: product, price, place, and promotion” .
Tujuan sistem pemasaran :
Secara umum, tujuan sistem
pemasaran adalah sebagai berikut :
Ø Memaksimumkan konsumsi
Ø Memaksimumkan utilitas
(kepuasan) konsumsi
Ø Memaksimumkan pilihan
Ø Memaksimumkan mutu hidup
Pendekatan dalam
mempelajari Pemasaran
Pemasaran
merupakan kegiatan produktif karena menciptakan kegunaan (utility) baik
kegunaan bentuk, tempat, waktu maupun milik.
Terdapat enam macam pendekatan yang biasa digunakan untuk menganalisis permasalahan yang dihadapi dalam pemasaran yaitu pendekatan
Terdapat enam macam pendekatan yang biasa digunakan untuk menganalisis permasalahan yang dihadapi dalam pemasaran yaitu pendekatan
· komoditi
(commodity approach),
· pendekatan
kelembagaan (institutional approach),
· pendekatan
analitis atau efisiensi pemasaran (analytical approach),
· pendekatan
struktur tingkah laku dan penampilan pasar (SCP approach), dan
· pendekatan
manajemen pemasaran (marketing management approach).
Masing-masing
pendekatan tersebut tidak dapat berdiri sendiri sehingga memerlukan pendekatan
lainnya agar dapat memberikan manfaat yang lebih menyeluruh.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar